Musik Entertainment Indonesia Semakin Mendunia

Entertainment Indonesia memiliki keunikan dan keberagaman yang indah. Entertainment di Indonesia sendiri dibagi menjadi beberapa jenis seperti film, tari, drama dan musik. Musik-musik ini dipengaruhi oleh budaya dan tradisi yang berbeda di setiap daerah. Aliran musik Indonesia juga sudah diterima baik hingga mancanegara. Ada beberapa aliran musik yang sudah eksis sejak zaman dahulu

1.     Dangdut

Tentu Anda pernah mendengar bait lagu “Dangdut is the music of my country” yang dibawakan Project Pop. Lagu ini merepresentasi bahwa musik dangdut begitu dicintai dan dianggap sebagai identitas asli musik Indonesia. Meskipun dianggap demikian, dangdut tidak sepenuhnya orisinil dari Indonesia karena musik ini dipengaruhi oleh kultur India dan Melayu. Dangdut identik dengan penggunaan instrumen gendang dan seruling. Pada 1970-an Rhoma Irama dan Elvie Sukaesih sukses menggebrak panggung hiburan melalui sederet lagu-lagu dangdut seperti Bujangan dan Kerinduan. Dangdut saat ini masih bertahan kuat di kancah blantika musik tanah air. Rhoma Irama sendiri beberapa kali tampil di Amerika Serikat memperkenalkan musik dangdut yang disambut baik oleh masyarakat setempat.

 

2.     Keroncong

Entertainment Indonesia dari musik yang pertama adalah keroncong. Keroncong merupakan jenis musik yang menggunakan beberapa instrumen yaitu cello, flute, ukulele dan vokal. Keroncong diperkirakan berasal dari seni musik Fado. Musik Fado berasal dari Portugis yang dibawa melalui ekspedisi yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque pada 1512. Seiring berjalannya waktu musik keroncong mengalami akulturasi dari budaya lokal. Penggunaan alat musik rebab, gendang dan kenong menjadi percampuran yang merdu. Salah satu judul lagu keroncong yaitu Bengawan Solo (dipopulerkan Alm.Gesang) digunakan sebagai OST film layar lebar di Jepang.

 

3.     Folk

Musik folk akhir-akhir ini diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Musik folk sejatinya telah berkembang di negara barat seperti Eropa dan Amerika. Aliran musik folk yang juga dikenal Polka sering mengiringi tarian tradisional dan hentakan yang meriah. Musik folk di Indonesia juga menggunakan unsur etnik di dalamnya seperti angklung, gamelan hingga sasando.

Itulah beberapa entertainment Indonesia yang semakin mendunia. Musik Indonesia patut diapresiasi oleh anak muda agar eksistensinya tetap terjaga.